Viral Varian Baru Kristen Muhammadiyah, Apaan sich Itu?

oleh -106 Dilihat
oleh

JAKARTA, Stasiun Berita – Varian baru Kristen Muhammadiyah saat ini sedang viral di media sosial dan menjadi perbincangan hangat netizen.

Tak sedikit netizen yang mempertanyakan perihal varian baru Kristen Muhammadiyah.

Lantas, apa sebenarnya varian baru Kristen Muhammadiyah itu?

Mengutip dari laman resmi Muhammadiyah, varian baru Kristen Muhammadiyah merupakan istilah yang digunakan untuk orang-orang Kristen yang menjadi simpatisan Muhammdiyah.

Ketua LKKS PP Muhammadiyah mengungkapkan, fenomena munculnya varian Kristen Muhammadiyah (KrisMuha) berawal dari interaksi intens antara siswa-siswa Muslim dan Kristen di lingkungan sekolah Muhammadiyah.

Meski demikian, Fajar menyebut interaksi tersebut tidak menghilangkan identitas mereka sebagai penganut agama Kristen yang taat.

Fenomena Krismuha ini awalnya berasal dari penelitian yang dilakukan Abdul Mu’ti dan Fajar Riza Ulhaq yang kemudian disusun dalam buku utuh dengan judul Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama dalam Pendidikan.

Fajar menjelaskan bahwa buku KrisMuha itu merupakan salah satu kontribusi Muhammdiyah dalam membangun toleransi di Indonesia.

“Inilah kontribusi Muhammadiyah dalam membangun generasi Indonesia yang lebih toleran, inklusif, dan terbiasa hidup bersama dalam perbedaan,” kata Fajar, seperti dilansir laman Poskita, Minggu (28/5/2023)

Di sisi lain, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir membeberkan bahwa varian baru Kristen Muhammadiyah diharapkan dapat membangkitkan kesadaran bersama akan keberagaman agama, suku, ras, dan kelompok di Indonesia.

“Kemajemukan adalah Pelangi yang indah untuk merajut hidup toleran sarat penghormatan, perdamaian, dan saling memajukan,” ujar Nashir. (*)

    No More Posts Available.

    No more pages to load.