Viral! Cerita Misteri Sumur Sri Tanjung di Banyuwangi

oleh -

 Stasiun Berita – Pembukaan Pertemuan Nasional Purna Aktivis Dewan Kerja dibuka dengan sah malam hari ini 10 Oktober 2019, seputar satu jam diawali, kami diberi peluang oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk melihat serta lihat dengan cara langsung Sumur Sri Tanjung yang berada di Pendopo Banyuwangi.
Kami diajak masuk ke satu rumah di Belakang pendopo, serta di terangkan ini ialah model rumah suku Osing, masyarakat asli Banyuwangi, selanjutnya kami di bawa serta kebelakang lihat sumur Sri Tanjung.
Dikisahkan oleh adik-adik Pramuka yang bawa kami dari hotel ke arah pendopo jika, Asal mula mengapa di namai Sri Tanjung sebab ini adalah legenda turun temurun di Banyuwangi, ini ialah cerita kesetiaan di antara Sri Tanjung serta Sidopekso yang disebut cikal akan dari Banyuwangi. Konon Sri Tanjung mempunyai wajah yang benar-benar cantik dan ayu ia ialah istri dari Sidopekso, rupanya raja waktu itu benar-benar tertarik akan kecantikan Sri Tanjung, hingga raja Silokromo ingin memiliki.
Singkat kata sang raja memerintah Sidopekso untuk pergi berperang, ini ialah tipu muslihat raja supaya bisa dekati Sri Tanjung, tetapi Sri Tanjung masih setia dengan suaminya, Sri Tanjung ia tidak tertarik dengan rajanya, sampailah Sidopekso pulang dari berperang, serta sang raja memfitnah jika Sri Tanjang menyenanginya, Sidopeksopun menanyakan pada Sri Tanjung benarkah yang dikatakan rajanya, Sri Tanjung menjelaskan jika ia masih setia dengan suaminya, tetapi Sidopekso tidak yakin, pada akhirnya Sri Tanjung mengatakan,
“jika memang engkau tidak yakin, baik saya akan menceburkan diri kesungai ini, jika saya benar seperti yang engkau katakan karena itu air yang ada di sini akan bau, tetapi jika saya tidak seperti yang engkau sangkakan karena itu air ini akan wangi.”
Pada akhirnya Sri Tanjung menceburkan diri ke sungai ini, serta air ini benar-benar wangi baunya, yang bermakna Sri Tanjung tidak seperti apa yang di sangkakan oleh suaminya, suaminya juga meyesal sebab tidak yakin akan kesetiaan istrinya, ia berteriak teriak menyesali apa yang ia sudah katakan yang tidak meyakini istrinya, ia seperti orang edan serta tercebur di tepi sungai, ia berteriak teriak Banyuwangi….Banyuwangi.
Berdasarkan keterangan petugas yang berada di sumur ini, air sumur ini terkadang beralih warna serta beralih aromanya, ditambah lagi seperti malam jum`at seperti saat ini, bila air sumur beraroma wangi akan tanda-tanda akan alami hal yang baik, tetapi jika bau anyir atau amis akan berlangsung beberapa hal yang tidak baik.
Sumur ini awalannya berupa persegi panjang dengan panjang seputar 1,4 mtr. serta lebar 0,8 mtr., dengan kedalaman tidak kurang dari 7 mtr.. Tetapi sekarang sumur ini dibikin bulat serta diberi penutup.
Sumur Sri Tanjung dipercaya oleh beberapa warga mempunyai beberapa manfaat ampuh, air sumur ini menurut petugas yang menceritakan diakui bisa menyetujui do`a serta bisa membuat awet muda buat yang minum serta membersihkan muka dengan air itu.
Sebab Peserta PADK banyak yang berumur di atas 45 tahun, pada rame- ramai membersihkan muka dengan air itu, ada yang minum serta berwudhu dengan air itu.  [*]

SANGAT MENARIK!  Roket Hantam Dua Lokasi Pasukan AS Di Irak, Pejabat Iran: Ingat! Ini Baru Tahap Pertama