Tujuh Tempat Presiden RI Soekarno Tapa Brata untuk Dapatkan Petunjuk Cakraningrat, dari Goa hingga Gunung

oleh -104 Dilihat
oleh
Tujuh Tempat Presiden RI Soekarno Tapa Brata untuk Dapatkan Petunjuk Cakraningrat, dari Goa hingga Gunung

Stasiun Berita – Di tengah hiruk-pikuk perjuangan kemerdekaan dan pembangunan bangsa, Presiden Soekarno atau yang akrab disapa Bung Karno, memiliki sisi spiritual yang mendalam.

Salah satu aspek menarik dari perjalanan spiritualnya adalah upayanya untuk memperoleh Wahyu Cakraningrat, sebuah petunjuk yang diyakini memberikan kekuatan, kewibawaan, dan karisma bagi pemimpinnya.

Dilansir dari YouTube Trisula Bali berikut tujuh tempat sakral di mana Bung Karno melakukan Tapa Brata untuk mendapatkan petunjuk ini.

1. Goa Istana, Alas purwo, Banyuwangi

Di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang terkenal angker, terdapat Goa Istana, salah satu tempat Bung Karno bermeditasi.

Masyarakat setempat percaya bahwa goa ini menyimpan berbagai benda pusaka dan cerita mistis. Bahkan, calon pemimpin sering melakukan pertapaan di sini untuk mencari petunjuk dan kekuatan spiritual.

2. Pertapaan Indrokilo, Prigen

Desa Dayuh Rejo di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, menjadi saksi bisu tempat Bung Karno menerima petunjuk Cakraningrat.

Petunjuk ini dianggap sebagai syarat penting untuk memperoleh kekuasaan dan takhta kerajaan. Di sini, Soekarno melakukan puasa dan meditasi keras, mengendalikan hawa nafsu untuk meraih ‘wahyu’ yang dianggap mampu menjaga persatuan dan perdamaian bangsa.

3. Goa Selomanglang, Kediri

Goa Selomanglang, yang berarti batu miring, terletak di lereng bukit yang curam. Tempat ini dipercaya sebagai tempat meditasi Dewi Kilisuci, putri dari Sri Aji Jayabaya.

Bung Karno memilih goa ini untuk bermeditasi, mengambil inspirasi dari sejarah dan kekuatan spiritual yang dipercaya ada di sana.

4. Alas Ketonggo, Ngawi

Kawasan hutan jati di Alas Ketonggo menyimpan misteri dengan adanya pemakaman Prabu Brawijaya V.

Tempat ini dikenal memiliki daya mistis tinggi, dengan kerajaan gaib yang menghubungkan dunia manusia dan alam gaib.

Bung Karno sering bermeditasi di Pesanggrahan Soekarno di dalam hutan ini, mencari petunjuk dan kekuatan spiritual.

5. Gedung Bentol, Istana Cipanas

Gedung Bentol yang berada di area Istana Presiden Cipanas, Cianjur, merupakan tempat Bung Karno mencari inspirasi untuk pidato-pidatonya yang membangkitkan semangat nasionalisme.

Suasana yang tenang dan sunyi di gedung ini menjadikannya tempat yang ideal untuk bersemedi dan mencari inspirasi.

6. Goa Ratu Cilacap

Goa Ratu, yang terbentuk karena fenomena alam, menjadi tempat meditasi banyak orang dari berbagai daerah.

Tempat ini dipercaya sebagai petilasan Kanjeng Ratu Kidul. Bung Karno dan Soeharto juga diketahui pernah bermeditasi di sini, mencari ketenangan dan petunjuk dari Sang Hyang Pencipta.

7. Gunung Munara, Bogor

Gunung Munara di Bogor, dengan tiga puncaknya dan beberapa goa, adalah tempat sakral yang sering dijadikan tempat bertapa.

Salah satu goa di sini dinamakan Goa Soekarno karena Bung Karno sering bermeditasi di sana.

Masyarakat setempat menganggap tempat ini memiliki nilai sejarah dan spiritual yang tinggi.

Perjalanan spiritual Bung Karno melalui tujuh tempat pertapaan ini menunjukkan betapa besar usahanya untuk memperoleh kekuatan spiritual yang diyakini mampu mendukung kepemimpinannya.

‘Wahyu’ Cakraningrat bukan sekadar simbol kekuasaan, tetapi juga lambang kebijaksanaan, persatuan, dan kedamaian yang selalu ia junjung tinggi dalam memimpin Indonesia.***

    No More Posts Available.

    No more pages to load.