Tanpa Uang, Kita Masih bisa Bersedekah kok, “Bagaimana Caranya?

oleh -
Tanpa Uang, Kita Masih bisa Bersedekah kok, "Bagaimana Caranya?
Tanpa Uang, Kita Masih bisa Bersedekah kok, "Bagaimana Caranya?

Stasiun Berita – Sahabat, sedekah tak hanya dimaknai sebagai berbagi melalui harta saja lho. Bahkan banyak kebaikan yang kita lakukan pun termasuk dalam amalan sedekah.

Rasulullah SAW menyatakan dalam sejumlah hadits bahwa sedekah bukan sekadar tentang harta. Siapapun, kaya atau miskin, dapat mengamalkannya. Apa saja ya? Yuk simak ulasannya!

  • Dzikir adalah sedekah. Rasulullah bersabda, “Bukankah Allah telah menjadikan tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir kalian sebagai sedekah? Begitupun dengan memerintah kepada yang makruf dan melarang perbuatan mungkar merupakan bagian dari sedekah.” (HR Muslim)
  • Menjaga diri dari perbuatan munkar adalah sedekah. Menjaga diri dari perilaku buruk yang merugikan orang lain juga termasuk sedekah lho Sahabat. Rasulullah bersabda, “Mencegah diri dari berbuat kejahatan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim)
  • Setiap kebaikan adalah sedekah. Dalam riwayat lain Rasulullah menjelaskan bahwa menebar senyuman kepada orang lain dan membuang duri dari jalan yang biasa dilewati banyak orang merupakan bagian dari sedekah. Begitupun dengan tutur kata yang baik juga merupakan sedekah. (HR Bukhari)
SANGAT MENARIK!  2 Truk Brimob Lewat Jalur Busway dan Lawan Arus, Polisi: Itu Kepentingan Tugas Kepolisian

Masya Allah, ternyata untuk bersedekah ada 1001 cara yang bisa kita lakukan ya, Sahabat. Udah gak bingung lagi dong, mau sedekah apa hari ini 😀
(sinergifoundation).