Situasi Romantis serta Aura Mistis Telaga Rambut Monte

oleh -

Telaga Rambut Monte adalah salah satunya obyek wisata di Blitar yang cukup terkenal. Telaga indah yang ada di seputar perkebunan teh ini simpan beberapa hal unik. Bukan hanya tempat sekedar untuk refreshing, Telaga Rambut Monte simpan narasi riwayat serta legenda yang benar-benar menarik. Adanya Candi Rambut Monte yang berdiri di rimbunnya pohon-pohon tinggi yang memayungi obyek wisata itu, Telaga Rambut Monte tidak terlepas dari narasi mistis serta misteri ikan dewa.

Tempat Wisata Telaga Rambut Monte ada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Memerlukan waktu seputar 1 jam dari pusat kota Blitar. Rute jalan yang dapat dilewati yakni Blitar – Garum – Talun – Wlingi – Desa Semen – Tulungrejo – Krisik. Telah ada panduan jalan untuk mengantar siapa saja yang ingin lihat pesona telaga ini.

Bukan hanya berkeliling-keliling melingkari Telaga Rambut Monte, ada bangungan beton yang dibuat untuk nikmati panorama telaga dari atas. Dahulu sebelum dibuat, bangunan ini cuma berbentuk bangunan kecil dari kayu yang menjorok ke telaga.

Sekarang bangunan disamping telaga telah dipugar dibarengi kolam renang di sisinya yang diperlengkapi dengan kamar basuh. Jadi ingin pilih berenang dalam tempat keramat atau di kolam renang, tinggal pilih !

Kondisi sunyi, tenang serta nyaman yang mendatangkan situasi romantis, kemistisan obyek wisata di Blitar ini masih dapat dirasa di ruang wisata atau dari pekerjaan warga seputar. Satu tahun sekali di tempat ini diselenggarakan iringan semua tipe kesenian dengan mengorbankan kambing (wedhus kendit).

Kambing akan disembelih di desa serta dibawa ke tempat Rambut Monte, setelah genduren (slametan), daging diberikan ke beberapa orang desa. Upacara ini mempunyai tujuan untuk lancarkan rezeki warga seputar.

loading...

Seluk Beluk Riwayat Telaga Rambut Monte
Obyek wisata Telaga Rambut Monte dibuka jadi obyek wisata semenjak tahun 1976 serta diurus swasta. Pada tahun 1996 obyek wisata ini diurus oleh pemda. Dahulu Telaga Rambut Monte tidak seluas saat ini. Dengan berakhirnya G30S/PKI pada tahun 1965, telaga ini dilebarkan oleh mantan-mantan tahanan PKI yang masih hidup.

SANGAT MENARIK!  Menkeu RI Sri Mulyani Ngutang 5 Triliun, Komisi XI: Kita Enggak Pernah Tahu Kapan Diajukan!

Asal Usul Nama Rambut Monte 

Nama Rambut Monte pasti benar-benar unik bila didengar. Berikut banyak hal sebagai asal-usul telaga ini dinamakan Rambut Monte.

Dari sisi legenda : Pada zaman Majapahit, ada satu orang namanya Mbah Monte yang berperang menantang rahwana serta seekor naga yang selanjutnya dikutuk jadi Candi Rambut Monte. Telaga yang ada dibawah candi inipun dinamakan Telaga Rambut Monte, ikuti nama candi.
Dari sisi alam : Keluarnya sumber air dalam telaga berbentuk gelembung-gelembung udara yang panjang seperti monte, hingga disebutkan Rambut Monte.
Dari sisi mistis : Mbah Rambut Monte dan Mbah Ratu Bakah ialah tetua penunggu telaga, hingga telaga itu diberi nama Telaga Rambut Monte. Hingga di hari Jum’at Legi, Jum’at Kliwon serta Selasa Kliwon, siapa saja dapat membuat ritual perseorangan di candi untuk ujub pribadi.
Ada banyak hal yang menarik dari obyek wisata Telaga Rambut Monte Blitar yang membuat obyek wisata ini benar-benar terkenal serta menarik untuk didatangi.

1. Candi Rambut Monte 

Candi Rambut Monte ialah bangunan pertama yang akan disaksikan saat masuk tempat wisata. Terdapatnya candi ini mengisyaratkan jika tempat ini adalah tempat bersejarah. Selain candi itu ada artefak “lingga yoni” yang disebut simbol kesuburan. Terdapatnya artefak ini mengisyaratkan jika Candi Rambut Monte ini berada di zaman kerajaan Hindu di Indonesia.
Dahulu ada banyak patung (artefak) di tempat Telaga Rambut Monte sebelum insiden G30S/PKI. Beberapa patung dicuri oleh faksi yang tidak bertanggungjawab serta beberapa patung sempat diketemukan di Bali oleh Dinas Purbakala.

Candi Rambut Monte yang berupa monyet serta batu relief naga’pun dihubungkan dengan narasi Mbah Monte. Mbah Monte dari Majapahit berperang menantang Rahwana serta seekor naga dimana pada akhirnya dimenangi oleh Mbah Monte. Pada akhirnya Mbah Monte mengutuk keduanya jadi candi.

SANGAT MENARIK!  Pelaku Penyerangnya Ditangkap, Novel Baswedan Bilang Lucu dan Aneh, Hehehe...

2. Telaga Rambut Monte 

Telaga berikut sebagai jagoan di obyek wisata Rambut Monte. Telaga bening serta fresh ditengah-tengah rimbunnya pohon-pohon meningkatkan kesejukan di tempat wisata. Diam diri atau merenung di pinggir telaga ialah pilihan yang pas untuk nikmati situasi alamnya, tentunya sebelum berfoto-foto ria.

Telaga ini memiliki sumber air pada bagian tengah, memunculkan dampak warna biru tosca. Kesejukan Telaga Rambut Monte terlihat prima adanya beberapa puluh ikan Sengkaring.

Walau air yang bening membuat sumber air terlihat tidak dalam, malah kedalaman sumber air ini tidak dapat direncanakan sebab benar-benar sangat dalam dengan fundamen air berbentuk lumpur. Jadi, bila ingin berenang sudah disiapkan kolam renang yang lebih aman disamping telaga.

Telaga Rambut Monte ini pada jamannya dipakai untuk ritual membersihkan serta merendam pusaka seperti keris. Air telaga yang dalam membuat jalannya ritual harus memakai perahu untuk membersihkan pusaka di atas sumber air. Bersamaan berjalannya era, perahu ke telaga telah terbenam di fundamen telaga.

3. Ikan Sengkaring 

Ikan Sengkaring (Tor Soro / Tor Tambra) hidup di Telaga Rambut Monte. Ikan asli indonesia ini disebutkan Ikan Dewa. Di beberapa wilayah lain disebutkan Ikan Udikan, Kambangan, Tambram, Kancra, Jurung serta Semah dengan penebaran di Sumatra, Kalimantan serta Jawa.
Ikan Sengkaring terhitung ikan yang dikeramatkan di beberapa wilayah. Di Jawa Timur, ikan purba yang hampir punah ini cuma didapati di dua tempat yakni Pemandian Banyu Biru Pasuruan serta Telaga Rambut Monte Blitar.

Adalah ikan yang dikeramatkan, tidak ada berani yang tangkap, membunuh atau memasak ikan ini. Di Padang, Sumatra Barat, ambil ikan Sengkaring dikerjakan pada saat-saat khusus dengan upacara yang dikerjakan oleh pemuka agama ditempat.

SANGAT MENARIK!  Satpol PP Bogor Ungkap Rapat Bersama untuk Pidanakan Habib Rizieq

Ada banyak mitos sebagai asal-usul terdapatnya Ikan Sengkaring di Telaga Rambut Monte, yakni :

Ikan Sengkaring ialah bentuk dari murid Mbah Monte yang dikutuk sebab tidak lakukan perintah, yakni jaga Candi Rambut Monte.
Ikan Sengkaring ialah bentuk dari prajurit-prajurit Majapahit yang dikutuk.
Ke-2 narasi mitos itu tetap jadi bumbu narasi asal-usul terdapatnya Ikan Sengkaring di obyek wisata Telaga Rambut Monte walau tidak ada literatur riwayat yang membahas tentang’nya di seputar ruang. Jadi, jangan sampai berpikiran untuk bawa alat pancing ikan di telaga ini.

4. Sumber Dandang 

Sumber Dandang sebuah bendungan kecil yang ada tidak jauh dari Telaga Rambut Monte. Dahulu sebelum dibendung, tempat yang seperti telaga ini dipakai untuk mandi masyarakat desa sebab air berasa hangat saat pagi serta dingin saat siang. Warna air Sumber Dandang tidak jauh lain dengan Telaga Rambut Monde, berwarna kebiruan dibagian sumber airnya.
Tempat ini dinamakan Sumber Dandang sebab saat malam, suara saluran airnya seperti dengan suara air mendidih di panci (dandang) serta suara itu terkadang mengganggu masyarakat seputar. Semenjak terdapatnya korban pelancong terbenam, di tempat Sumber Dandang ada larangan keras untuk mandi.

Bersamaan jumlahnya pengunjung, situasi mistis di Telaga Rambut Monte seakan-akan menguap. Beralihnya beberapa kondisi di seputar tempat dan tidak terdapatnya literatur riwayat yang menerangkan sangkut-paut candi, telaga serta ikan sengkaring dapat meniadakan beberapa narasi mistis sampai berlangsung terhapusnya mitos. Mitos, yang di sisi lain berperan untuk jaga kondisi alam dari pengrusakan manusia’pun selanjutnya dianggap remeh.

Tempat Wisata Telaga Rambut Monte yang memiliki narasi riwayat, keindahan alam serta narasi mistis, akan mengundang siapa saja untuk nikmati kesejukan tempatnya. Namun ingat tidak untuk mengganggu aura mistisnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.