Sekarang Dikenal Kampung Maling, Ternyata Ini Makna Nama Sukolilo Yang Penuh Doa

oleh -182 Dilihat
oleh
Sekarang Dikenal Kampung Maling, Ternyata Ini Makna Nama Sukolilo Yang Penuh Doa

Stasiun Berita – Nama Sukolilo sebuah desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah kini dikenal publik sebagai kampung maling atau desa penadah.

Bukan tanpa sebab, julukan kampung maling atau desa penadah itu diberikan warganet setelah geram dengan aksi pengeroyokan hingga tewas kepada seorang bos rental mobil.

Di mana bos rental mobil dari Jakarta hendak mengambil kendaraannya secara paksa lantaran digelapkan oleh penyewa ke Desa Sumbersoko.

Karena geram, netizen kemudian mengubah nama Kecamatan Sukolilo sebagai Kampung Maling dan Desa Penadah.

Padahal arti nama Sukolilo ternyata sangat mendalam. Dikutip dari Tribunnews.com melalui IAIN Kudus Repository disebutkan bahwa nama Sukolilo berasal dari dua kosakata Suko berarti senang dan Lilo yang berarti ikhlas.

Dengan harapan masyarakat Sukolilo memiliki budi pekerti senang, ikhlas, saling menolong dan senang memberi. Mengenai sejarah nama Sukolilo sendiri belum diketahui secara pasti.

Sementara dalam sebuah blog https://sukolilodesa.wordpress.com/ menceritakan sejarah nama Sukolilo yang tak lepas dari legenda pada zaman kerajaan Mataram Islam.

Dalam blog tersebut menceritakan bahwa nama Sukolilo dihubungkan dengan legenda pertemuan Ki Ageng Giring dan Ki Ageng Pemanahan yang diperkirakan hidup pada abad ke XV-XVI.

Ketika itu Ki Ageng Pemanahan mencari kakak seperguruannya Ki Ageng Giring di wilayah Sumbersoko.

Saat sampai di rumahnya, ternyata Ki Ageng Giring tidak berada di rumah, ia sedang berada di sawah.

Kemudian Ki Ageng Pemanahan dijamu oleh Nyai Ageng Giring. Kemudian istri Ki Ageng Giring itu menyuguhkan degan atau air kelapa muda kepada sang tamu.

    No More Posts Available.

    No more pages to load.