Preview Prime Utopia, Sebuah Konsep Motherboard di Masa Depan dari Asus

oleh -
Stasiun Berita – Motherboard merupakan komponen penting dari sebuah PC yang memiliki banyak ragamnya. Dan salah satu yang menarik perhatian akhir-akhir ini adalah konsep motherboard milik Asus yang kemarin dipamerin di Computex 2019. Walaupun masih berbentuk konsep dan belum terealisasikan, motherboard tersebut bisa dibilang motherboard masa depan. Karena memiliki banyak fitur-fitur yang tidak dapat ditemukan di motherboard-motherboard pada umumnya.
Preview Prime Utopia, Sebuah Konsep Motherboard di Masa Depan dari Asus




Preview Prime Utopia, Sebuah Konsep Motherboard di Masa Depan dari Asus
Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, Stasiun Berita merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Smartphone, Trik dan Tips seputar teknologi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.
Preview Prime Utopia, Sebuah Konsep Motherboard di Masa Depan dari Asus

Prime Utopia adalah nama dari konsep motherboard masa depan dari Asus yang diperkenalkan dan dipamerkan di Computex Taipe 2019 yang diselenggarakan di Taipei World Trade Center (TWTC) Exhibition Hall, Taipei World Trade Center Nangang Exhibition Hall. Prime Utopia disebut-sebut sebagai smart motherboard, karena sudah memiliki OLED dimana OLED tersebut rencananya akan menjadi touchscreen namun demo yang ada di situ belum touchscreen sama sekali.

OLED tersebut juga nantinya berguna untuk menyeting kecepatan fan, meng-enable men-disable WiFi, dan mengatur BIOS nya tanpa harus booting terlebih dahulu. Motherboard Prime Utopia ini sudah memiliki casing sendiri yang sudah terdapat water blocknya. Jadi buat kalian yang akan memasang IO water cooling seperti yang ada di demo, itu sudah bisa. Water blocknya tersedia untuk bagian VRM dan bagian CPU.

Selain itu motherboard ini juga memiliki IO port yang modular. Artinya kalian nantinya bisa mengcustom IO port sesuai kebutuhan. Misalnya kalian butuh port RJ45 yang banyak, ya nanti kalian tinggal pasangkan saja port RJ45 sesuai kebutuhan. Untuk implementasi kedepan, tentunya butuh chipset yang mendukung juga. Entah nanti dari AMD atau Intel ataupun keduanya.

Untuk slot VGA dari Prime Utopia ini berada di bagian belakang motherboard, wah lucu yah. Karena belum ada casing yang sudah support slot PCIe Express berada di bagian belakang. Jadi casing yang digunakan di demo tersebut juga masih konsep dan custom dari Asus sendiri.

Hal menarik lainnya adalah tersedianya 4 slot M.2 yang sudah diberi atau include heatsink. Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi menambah heatsink sendiri. Untuk bagian belakang dari motherboard ini belum tergambar jelas seperti apa nantinya.

Dan ada 2 komponen yang Asus sudah bisa mengimplementasikannya. Yaitu Prime Utopia Wifi Enable OLED Panel dan IO port modular, yang hanya tersedia port USB dengan port RJ45. Semoga nantinya Asus bisa mengimplementasikannya secara keseluruhan dari konsep motherboard tersebut.

Untuk arah marketing dari motherboard tersebut juga belum bisa tergambar dengan jelas, mau ditujukan untuk konsumen seperti apa. Jadi masih sekedar keren-kerenan saja, maklum lah namanya juga konsep. Tetapi kedepan, biasanya konsep dari fitur dan komponen Prime Utopia tersebut ada yang terimplementasikan satu persatu ke motherboard yang sudah ada. Mungkin satu atau dua tahun lagi fitur-fitur tersebut bisa ditemukan di motherboard-motherboard yang akan datang. (*)
SANGAT MENARIK!  Gaya Rambut Undercut Terputus Terbaik Untuk Pria

No More Posts Available.

No more pages to load.