Minuman Surga yang Disebut di Al-Quran Ternyata Ada di Indonesia, Dimana_nya ya? ini!

oleh -217 Dilihat
oleh
Minuman Surga yang Disebut di Al-Quran Ternyata Ada di Indonesia, Dimana_nya ya? ini!
ilustrasi

Stasiun Berita – Minuman surga yang disebutkan dalam kita suci Al Quran ternyata ada di Indonesia.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Al-Insan ayat ke-5 dan 6, Allah berfirman: “Sungguh, orang-orang yang berbuat kebajikan akan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur, yaitu mata air dalam surga yang diminum oleh hamba-hamba Allah dan mereka dapat memancarkannya dengan sebaik-baiknya.”

Maksud dari air kafur adalah air kamper atau kapur barus.

Menariknya, catatan sejarah menunjukkan bahwa kamper yang disebut di Al-Quran dan beberapa riwayat Nabi Muhammad ada kaitannya dengan Indonesia, yang membuktikan besarnya jaringan perdagangan bangsa kita.

Bagaimana bisa?

Perlu diketahui, pohon kamper tak bisa tumbuh di Timur Tengah. Oleh karena itu, masyarakat harus melakukan impor kamper dari luar daerah.

Dalam proses impor, memperoleh kamper bukan usaha sulit. Sebab, kamper sudah diperdagangkan di sebagian besar dunia sejak abad ke-4 Masehi, tiga abad sebelum Al-Quran turun.

Terkait lokasi penghasil kamper, sumber-sumber Arab menyebut daerah Fansur.

Peneliti Prancis Nouha Stephan dalam “Kamper dalam Sumber Arab dan Persia: Produksi & Penggunaanya” menganalisis teks-teks tradisional yang menyebut Fansur.

Salah satu yang ditelitinya adalah deskripsi ahli geografi Ibn Sa’id al Magribi.

Ibn Sa’id yang meninggal di akhir abad ke-13 merinci secara spesifik bahwa Fansur penghasil kamper berasal dari Pulau Sumatera.

    No More Posts Available.

    No more pages to load.