Mengejutkan! Medan Gempa Turki Mirip Lokasi di Sukabumi

oleh -74 Dilihat
oleh
Mengejutkan! Medan Gempa Turki Mirip Lokasi di Sukabumi

Stasiun Berita – Belakangan di media sosial ramai pembahasan soal bentang medan lokasi gempa dahsyat di Turki mirip seperti yang ada di lokasi rawan gempa yang ada di Indonesia. Lokasinya yaitu di Pelabuhan Ratu Jawa Barat, yang kebetulan di lokasi itu ada patahan atau sesar tertua yang juga masih aktif memicu gempa di kawasan Sukabumi dan Cianjur Jawa Barat.

Pembasahan ini sempat diungkap saat Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengunggah tulisan soal gempa bumi di Turki.

Gemp Turki M7,8. (Tangkapan layar Twitter @DaryonoBMKG)Foto: Kiri Teluk di Turki yang jadi pusat gempa, Kanan Teluk Pelabuhan Ratu Jawa Barat.

“Peta ini memberikan gambaran luas wilayah yang mengalami goncangan tanah yang kuat saat Gemp Turki M7,8. Tantangan tanggap darurat sangat signifikan. Kontur intensitas dari @USGS ini,” jelas Daryono dalam akun Twitternya dikutip Rabu (8/2/2023).

Salah satu netizen yang sangat jeli dan seperti cukup mengerti soal peta gempa di Indonesia langsung menyambar pernyataan Daryono. “Geografis nya menyerupai P.ratu ke Sukabumi ya mas,” tulis @mundhri03180616.

Pernyataan itu langsung dijawab tegas oleh Daryono. “Wao benar sekali mas😅,” jelas Daryono.

Mengejutkan! Medan Gempa Turki Mirip Lokasi di Sukabumi

Pernyataan dua orang itu bukan soal hanya bicar kesamaan bentangan peta kedua teluk di lokasi yang berbeda di atas, tapi soal lokasi sesar. Lokasi sesar atau patahan Cimandiri sempat jadi buah bibir karena diduga jadi pemicu gempa dahsyat dangkal Magnitudo 5,6 yang meluluhlantakkan sebagian wilayah Cianjur-Sukabumi Jawa Barat (Jabar) Senin (21/11), meski pada akhirnya terungkap pemicunya adalah sesar baru bernama Sesar Cugenang..

Jalur sesar ini sepanjang kurang lebih 100 km ini melintasi banyak kawasan, hingga tempat strategis nasional antara lain pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, yang menjadi sumber listrik warga di Pulau Jawa.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat Sesar Cimandiri terletak di sepanjang lembah Sungai Cimandiri yang membentang dari Teluk Pelabuhanratu, Cikembar, selatan Kota Sukabumi, dan menerus sampai Padalarang. [*cnbc]

    No More Posts Available.

    No more pages to load.