Kisah Mistis Di balik Keindahan Air terjun Pancuran Rayo, Kerinci

oleh -

Tempat Pemandian 7 Bidadari yang Memiliki Pintu Ajaib

Menelusuri Keindahan Alam di Kabupaten Kerinci, tidak ada habisnya. Sebab dikelilingi perbukitan serta wisata alam yang benar-benar indah. Salah satunya jumlahnya obyek wisata, ada satu tempat yang benar-benar eksotik serta benar-benar menarik untuk didatangi. Khususnya beberapa penggemar alam. Yaitu Air Terjun Pancuran Rayo.

Air Terjun Pancuran Rayo memiliki jarak 15 KM dari pusat Kota Sungai Penuh. Tempat persisnya di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau. Dari pusat ke arah tempat perlu waktu kurang lebih 2,5 jam. Pengunjung harus berjalan kaki dengan turun naik gunung yang penuh rintangan.

Tetapi, kecapekan dengan penuh keringat waktu berjalan kaki ke Air Terjun Pancuran Rayo terbayarkan dengan rasakan percikan embun dibawah pancuran setinggi 150 mtr.. Air terjun itu membuat hujan embun karena ketinggiannya, dan kolam pemandian alam yang unik serta menarik.

Dedi, salah seorang Penggemar Alam Kerinci menjelaskan, Air Terjun Pancuran Rayo adalah satu diantara beberapa Air Terjun di Kabupaten Kerinci yang lumayan tinggi serta menarik didatangi. Khususnya buat pelancong yang menyukai berbetualang di Alam terbuka.

SANGAT MENARIK!  Heboh! Geger #Rabuambyar, Video Gerobak Jalan Sendiri di RS Gunungkidul

Tempatnya bagus untuk spot spot photo atau berselfei dengan dihiasi batu besar di tepi air Terjun.

loading...

Menurut keyakinan masyarakat ditempat, konon tuturnya pada 5000 tahun kemarin, air terjun Pulau Tengah itu sebetulnya tempat pemandian 7 Bidadari. “Serta sampai saat ini tempat itu masih seringkali kelihatan figur wanita cantik berpakaian merah. Disana seringkali orang tersesat, sebab terbuai dengan keindahan bidadari, yang makin kita mendekati, ia makin menjauh,” katanya Peri, salah seorang masyarakat Pulau Tengah.

Pada tahun 1980 lantas, pernah satu orang temukan kain selendang bidadari tingal di atas batu besar dibawah air terjun itu. ’Lalu narasi mistis yang lain, dahulu di samping kiri air terjun itu ada bunga mawar hitam. Apa jika kita bawa serta pulang bunga itu menjadi daun kering. “Tetapi saat ini bunga itu telah tidak lagi ada,”tuturnya.

Narasi mistis yang lain yang bertumbuh di warga, pada jaman penjajahan Belanda dahulu ada seorang pemuda yang namanya Sultan Malik tinggal di air terjun itu sepanjang 43 tahun. Dahulunya, ia pernah mencerita kan bahawa air terjun itu memiliki pintu ajaib. Tetapi kita susah untuk masuk ke, sebab air nya yang benar-benar kuat, begitupun angin, hingga susah untuk masuk ke.

SANGAT MENARIK!  Kalau Badan Sudah Mulai Terasa Berat dan Jarang Olahraga, Ini Nih Ramuan Andalan Saya, Alami dan Murah Meriah

“Di berita kan, dibawah air terjun itu ada lubang serta ada emas. Sampai saat ini tidak ada yang mampu mengambilnya,” papar Peri.

Buat pelancong yang berasal di luar wilayah Kerinci, ada dua rute ke arah tempat air terjun. Yaitu dari Jambi serta Padang. Jika dari Kota Jambi, beberapa pengunjung bisa sewa travel yang layani jurusan Jambi ke Kota Sungai Penuh. Waktu perjalanan yang kan ditempuh kira-kira 8 jam perjalanan, dengan catatan perjalanan yang lancar.

Sedang dari arah kota Padang Sumatera Barat, waktu pintas perjalanan relativ lebih singkat. Yaitu sekitar di antara 6-7 jam memakai layanan travel dengan rute Padang ke arah Sungai Penuh. Sesudah tempuh perjalanan itu (baik dari Jambi atau dari Padang) pengunjung tidak lalu langsung bisa nikmati keidahan Air Terjun Pancuran Rayo. Sebab sesampai nya di tempat penghentian Travel, beberapa pengunjung harus meneruskan perjalanan dengan jalan kaki atau trekking untuk sampai ke tempat.

SANGAT MENARIK!  Terbesar Dalam Sejarah, Krakatau Steel Terlilit Utang 40 Triliun Malah Dapat Keringanan 27 Triliun

Medan yang di lewati juga tidak demikian gampang, sebab beberapa pengunjung harus lewat jalan yang dibuat dari tanah kuning atau tanah liat dengan semak-semak di kiri serta kanan jalan. Sebelum meneruskan perjalanan, beberapa pengunjung diharuskan untuk bayar ticket masuk sebesar Rp.5000/orang.

Tidak hanya harus lewat tanah serta semak, beberapa pengunjung harus juga menyebrangi beberapa sungai. Kira-kira 100 mtr. sebelum sampai ke tempat, beberapa pengunjung akan menjumpai satu selter serta di selter itu beberapa pengunjung dapat lihat dari terlalu jauh keidahan air terjun Pancaro Rayo.

Sesudah perjalanan panjang kira-kira 2 jam perjalanan, karena itu beberapa pengunjung dapat nikmati keeksotikan air terjun Pancaro Rayo. Jadi, wisata air terjun Pancaro Roya ini sangat pas buat beberapa pelancong yang mempunyai hobi berpetualang, spesial nya penjelajahan alam, trekking serta pedakian.

No More Posts Available.

No more pages to load.