Kisah Mistis Di balik Beberapa Kecelakaan di Tanjakan Cibeka Ciamis

oleh -

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tanjakan Cibeka yang berada di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis adalah salah satunya tanjakan ekstrim yang berada di Jalan mudik Selatan Ciamis. Jalan Selatan Ciamis ini banyak dilalui pemudik yang ke arah Jawa Tengah atau sebaliknya dari Jawa Tengah ke arah Jawa Barat.

Bukan hanya ekstrimnya, Tanjakan yang dinamakan Cibeka karena berada di Dusun Cibeka ini, dikenal juga dengan beberapa narasi mistis yang bertumbuh dari mulut ke mulut. Beberapa dari narasi mistis di Tanjakan Cibeka itu, contohnya, penyeberang misterius sampai pengemudi yang akui lihat jalan yang tertutup gunung.

Dishub Kabupaten Ciamis mencatat minimal ada 10 sampai 15 kecelakaan berlangsung tiap tahunnya di Tanjakan Cibeka ini. Mulai dari kendaraan yang terjun ke jurang disamping Tanjakan Cibeka, sampai terguling sebab tidak kuat waktu naik. Korban rata-rata berasal di luar wilayah yang belum mengetahui mengenai ekstrimnya tanjakan ini.

“Rumah saya berada di tepi jalan, jika ada yang kecelakaan tentu tahu serta berupaya menolong. Umumnya kecelakaan di sini jika korban jiwa yang wafat sedikit, namaun kerugian materinya lumayan besar sebab mobil jumlahnya masuk jurang,” tutur Susilawati, salah satunya masyarakat Dusun Cibeka, waktu didapati di seputar Tanjakan ekstrim ini, Sabtu (25/5/2019)

SANGAT MENARIK!  Tak Masuk Kabinet Jokowi-Ma'ruf, Ini Kata Kando Yusril Ihza Mahendra

Dari info Susilawati didapat info tentang narasi mistis di Tanjakan Cibeka itu, diantaranya rata-rata korban kecelakaan di Tanjakan ini akui lihat figur makhluk seperti bayangan yang melintas jalan dengan mendadak.

“Pengemudi kan jadi terkejut, lantas banting setir pada akhirnya kendaraannya terjun ke jurang atau ada pula yang masuk ke parit,” jelas Susilawati.

Biasanya kecelakaan tunggal di Tanjakan Cibeka ini berlangsung waktu pagi hari mendekati Subuh. Kurangnya penerangan serta rusaknya pembatas jalan diterangarai jadi pemicu jumlahnya kecelakaan pada pagi hari di Tanjakan Cibeka.

“Memang seringkali ada insiden mistis di Tanjakan Cibeka, contoh masyarakat seringkali lihat ada figur hitam di seputar tanjakan ini. Waktu lalu di tanjakan ini seringkali berlangsung kecelakaan waktu ada pohon beringin di sini yang dipindahkan,” katanya.

SANGAT MENARIK!  Apa itu Jerawat,Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tidak hanya figur makhluk misterius yang mendadak ada serta seakan-akan akan melintas itu, beberapa korban  menceritakan saat lewat di tanjakan ini seringkali muncul ilusi. Mereka akui lihat Jalan seperti terhambat oleh gunung besar. Mengakibatkan kendaraan yang sebaiknya lurus selanjutnya justru berbelok serta pada akhirnya terjun ke jurang.

“Jadi ada pula korban kecelakaan di tanjakan ini yang sempat narasi, tuturnya lihat gunung yang menghambat jalan, jadi mereka terus ikuti jalan seperti memutari gunung, yang semula lurus tetapi pada akhirnya belok sebab memutari gunung tetapi justru terjun ke bawah (jurang),” tuturnya.

Tentunya benar atau tidaknya narasi mistis di Tanjakan Cibeka itu jadi salah satunya pemicu kecelakaan, semua bergantung keyakinan semasing. Tetapi, kenyataannya kecelakaan banyak berlangsung di tanjakan ekstrim yang berada di Jalan Selatan Ciamis ini.

M. Abdul Haris, Kepala Desa Karangkamulyan membetulkan terdapatnya narasi mistis di tanjakan itu yang bertumbuh di golongan warga. Tetapi, katanya, yang penting serta harus dilihat oleh pengemudi waktu lewat di tanjakan itu ialah pengemudi harus ada pada keadaan sempurna.

SANGAT MENARIK!  Sup Makaroni Bakso Daging Sapi

“Jadi memang tanjakan ini cukup ekstrim, dari tanjakan langsung menikung begitu juga waktu alami penurunan jalannya menikung. Kalau sopir itu capek atau ngantuk pandangan akan sirna, hingga bisa si pengemudi ini lihat hal yang aneh, misalnya lihat ada yang melintas atau seperti ada gunung yang menghambat jalan,” katanya.

Karenanya, Haris merekomendasikan buat beberapa pengemudi, sebelum masuk daerah Cijeungjing di jalan mudik selatan Ciamis ini, bila merasakan capek seharusnya beristirahat dahulu di perkotaan Ciamis. Maksudnya supaya waktu di tanjakan Cibeka dapat lebih berkonsentrasi waktu bawa kendaraan.

“Usahakan istirahat dahulu. Serta yang penting ialah berdoa, agar selamat tiba di tujuan, itu yang paling ampuh supaya terlepas dari bencana,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.