Kapan Sebaiknya Anak Diizinkan Memakai Ponsel?

oleh -
kids use smartphone
Stasiun Berita – Menjadi orang tua adalah pekerjaan yang terkadang sulit dan melelahkan. Setiap hari adalah perjuangan untuk membuat keputusan yang tepat, dan tidak ada dua hari yang sama.
Situasinya semakin tidak membantu ketika ada faktor-faktor dari luar yang menarik kita ke arah yang berbeda dan memperumit proses pengambilan keputusan. Contohnya : menentukan kapan anak Anda siap untuk memakai ponsel.
Meskipun sekarang banyak orang sudah mempunyai ponsel pintar, para ahli menyarankan untuk memikirkan dahulu dampak-dampak dan memberikan pengertian tentang aturan-aturannya sebelum memberikan ponsel kepada anak. Ini membuat Anda berpikir ulang apakah anak Anda sudah siap memegang ponsel pintar?. Bagaimana Anda tahu kapan waktu yang tepat?. Bagaimana jika mereka masih terlalu muda untuk itu?.
Sementara usia dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap pengambilan keputusan itu, para ahli percaya ada komponen lain yang perlu dipertimbangkan antara lain:
1. Kemudahan berkomunikasi dengan anak

spy mom
Spy Mom
SANGAT MENARIK!  DOWNLOAD Koleksi Mp3 Dangdut Terbaru ILUX Full Album Lengkap

Ponsel memberikan Anda kesempatan untuk tahu di mana anak Anda setiap saat. Jika mereka berjalan pulang dari sekolah atau berpartisipasi dalam kegiatan setelah sekolah, smartphone merupakan cara mudah memberi pedoman tindakan seandainya terjadi sesuatu. Tapi jika ada orang dewasa yang bertanggung jawab di sekitar mereka setiap saat, pengasuh anak-misalnya, mungkin ada alasan untuk menunda pemberian ponsel sedikit lebih lama.

2. Apakah anak saya cukup dewasa?

kid use smartphone
Children Using Smartphone

Ponsel adalah tanggung jawab yang besar. Mereka adalah cara yang bagus untuk tetap terhubung tetapi mereka dapat menjadi gangguan besar. Ponsel juga mudah untuk disalahgunakan, sehingga penting untuk membuat aturan-aturan dasar penggunaan seperti waktu, tempat dan konten dan jika mereka melanggarnya, Anda berhak menyitanya.

3. Penggunaan yang tepat

parent give they child smartphone
Parents Give Their Children Smartphone

Dikutip dari National Centers for Missing and Exploited Children yang merilis beberapa tips untuk keselamatan ponsel untuk anak. Anda dapat duduk dengan anak Anda, dan mendiskusikannya guna menetapkan batas aturan kapan mereka dapat menggunakan ponsel dan bagaimana menggunakannya. Berikut tips-tips yang diberikan:
  1. Gunakan pedoman dan batasan-batasan yang wajib dipatuhi anak untuk men-download aplikasi dan permainan, jika Anda mempertimbangkan untuk memberi mereka sebuah ponsel pintar.
  2. Tinjau tagihan ponsel untuk memeriksa penyalahgunaan dan manajemen waktu. Ini membantu Anda untuk menjadi akrab dengan nomor telepon, juga untuk lebih melindungi anak Anda.
  3. Jelaskan bahwa setelah mereka menekan tombol ‘kirim’ pada pesan atau gambar, maka informasi itu bisa menyebar luas. Hal ini dapat menjadikannya mudah berbagi dengan siapa pun, ajarkan mereka untuk mempertimbangkan segala konsekuensinya, baik atau buruk.
  4. Tekankan pentingnya menjaga nomor ponsel dan password pribadi. Mereka tidak boleh membaginya secara online atau dengan orang asing.
  5. Diskusikan pentingnya menjadi hormat dengan ponsel mereka. Menentukan konsekuensi jika mereka berbagi pesan teks atau gambar yang akan dianggap tidak pantas. Mendorong mereka untuk memberi tahu Anda jika mereka menerimanya.
  6. Bertanya tentang fitur keamanan untuk setiap perangkat untuk menentukan mana yang paling cocok untuk keluarga Anda ketika Anda berbelanja ponsel.
  7. Jika Anda telah memutuskan membeli ponsel untuk anak Anda, pastikan bahwa jalur komunikasi tetap terbuka dengan anak Anda. Mereka mungkin tahu etiket yang tepat, tapi itu hanya sedikit perlindungan dari begitu banyak bahaya.
  8. Anda harus mendiskusikan berapa banyak akses Anda ke ponsel mereka. Diskusikan password ponsel dan apakah Anda akan memiliki akses kepada mereka. Jika Anda memiliki ponsel pintar sendiri, Anda dapat menyesuaikan pengaturan pada telepon Anda untuk men-download aplikasi yang dapat memberikan perlindungan pada anak Anda.
Keselamatan anak Anda adalah penting (tentu saja) dan teknologi terus berkembang. Semakin banyak Anda tahu, semakin baik Anda dapat melindungi anak Anda. (usatoday/tvsx)

loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.