‘Jalan Ilmiah’ Jadi Cara Terbaik untuk Tentukan Cawapres Pendamping Anies

oleh -72 Dilihat
oleh
‘Jalan Ilmiah’ Jadi Cara Terbaik untuk Tentukan Cawapres Pendamping Anies

JAKARTA, Stasiun Berita – Partai NasDem, Demokrat dan PKS sudah selangkah lagi akan mendeklarasikan Koalisi Perubahan. Setelah mendeklarasikan koalisi tersebut, maka tiga parpol tersebut akan menggodok nama calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan.

Dosen FISIP Universitas Al-Azhar Indonesia Zaenal Budiyono mengatakan saat ini ada tiga nama cawapres potensial untuk menjadi pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024. Berdasarkan hasil survei setidaknya ada tiga nama kandidat bakal cawapres pendamping Anies adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ahmad Heryawan, dan Khofifah Indar Parawansa.

Lebih lanjut, Zaenal mengatakan, tiga parpol anggota Koalisi Perubahan nantinya akan menggodok tiga nama tersebut. Namun dia menyarankan koalisi perubahan ini menggunakan metode sendiri untuk memutuskan nama cawapres mereka.

“Saya menyarankan agar ketiga parpol koalisi bertemu dan menuntaskan isu ini dengan ‘jalan ilmiah’. Maksudnya, ketiga nama bakal cawapres disurvei ke masyarakat oleh lembaga independen yang disepakati, dan selanjutnya harus ada gentleman agreement oleh ketiga pihak untuk menerima siapapun nama terkuat di survei,” ujar Zaenal dalam keterangannya, Minggu (5/2/2023).

Menurutnya, cara ini sangat efektif dan bisa menjadi jalan tengah disaat banyaknya tarik menarik kepentingan politik soal cawapres pendamping Anies di Pilpres 2024. Selain itu, metode ini juga bisa mempersolid koalisi perubahan untuk bertarung di Pilpres 2024.

“Bila cawapres tertentu dipaksakan oleh elite yang merasa dominan, dua kerugian datang sekaligus. Pertama, Anies dianggap tidak independen. Kedua, soliditas koalisi akan terganggu, bahkan sebelum deklarasi resmi,” ujar dia.

Sebagai informasi, NasDem, Demokrat dan PKS hingga saat ini masih terus melakukan komunikasi pasca kedua parpol yakni Demokrat dan PKS menyarakan sikap mendukung Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Komunikasi yang mereka bangun yakni untuk merumuskan dan mempersiapkan deklarasi Koalisi Perubahan.

Namun meski prosesnya masih terus berjalan, publik sudah banyak yang memberikan spekulasi soal sosok yang nantinya akan menjadi pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024. Nama-nama yang saat ini sudah muncul di publik adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ahmad Heryawan.

Tarik menarik kepentingan soal sosok cawapres pendamping Anies memunculkan nama baru yakni Khofifah Indar Parawansa. Namuh hingga saat ini koalisi perubahan masih belum mau mengunggapkan siapa nama yang saat ini sudah menguat. [*]

    No More Posts Available.

    No more pages to load.