Hiiiii……Grombolan Buanyak Cacing Tanah Misterius Mendadak Muncul di Pasar Gede Solo, Ini Analisis Pakar UNS

oleh -84 Dilihat
oleh
Hiii... Hiii..., Grombolan Buanyak Cacing Tanah Misterius Mendadak Muncul di Pasar Gede Solo, Ini Analisis Pakar UNS
SOLO-JATENG,  Stasiun Berita –  Ratusan cacing tanah tiba-tiba muncul di kawasan Pasar Gede Solo pagi tadi. Apa yang memicu kemunculan cacing tanah misterius ini?

Kemunculan cacing tanah misterius ini banyak dihubungkan netizen dengan penyemprotan disinfektan yang masif saat pandemi virus Corona atau COVID-19. Namun, pakar Lingkungan Hidup Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prabang Setyono, tidak sepakat dengan dugaan tersebut.

“Kalau disinfektan kan seperti spray, saya kira bukan. Kecuali kalay disinfektan disemprot di satu titik dengan jumlah besar mungkin langsung keluar. Tapi ini kejadiannya di berbagai tempat, jadi saya kira bukan,” kata Prabang kepada wartawan, Sabtu (18/4/2020).

Menurutnya, cacing akan keluar dari tanah secara alami jika ada perubahan kondisi tanah secara drastis. Dia menyebut peristiwa kali ini berbeda dengan kondisi sebelumnya.

“Biasanya kalau kelembaban tanah berubah drastis, atau kalau di dalam tanah panas, maka dia keluar. Tapi tahun ini sepertinya ada anomali,” katanya.

Dia justru melihat peristiwa itu logis jika dihubungkan dengan fenomena banyaknya gunung berapi yang aktif secara bersamaan. Namun. dia mengaku belum melakukan penelitian mendalam.

“Tapi logis sekali, sekarang kan banyak gunung-gunung yang dianggap tidur beraktivitas lagi, ada tujuh atau berapa gunung. Orang belum bisa menjawab itu, tapi dengan tanda alam seperti itu saya sepakat dikaitkan,” jelasnya.

Sebelumnya, kemunculan cacing tanah secara tiba-tiba ini bikin kaget karena jumlahnya banyak. Bahkan, cacing tanah itu juga sudah menyebar hingga ke jalur pejalan kaki di Jalan Urip Sumoharjo.

Padahal setiap sore, petugas selalu membersihkan kawasan Pasar Gede Solo. Namun, pagi tadi sudah muncul ratusan cacing tanah.

“Itu ada ratusan mungkin. Kalau dijadikan satu bisa satu ember. Langsung saya sapu sampai bersih, soalnya kan sini buat jualan,” kata pedagang bakso di sekitar lokasi, Marsono kepada wartawan, Sabtu (18/4/2020). [*]

    No More Posts Available.

    No more pages to load.