Dana Haji 2020 Dialihkan untuk Perkuat Rupiah, Rizal Ramli: Pemerintah Benar-benar Sudah Kehabisan Ide

oleh -
Stasiun Berita – Pemerintah telah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah ibadah haji tahun 2020. Salah satu pertimbangannya lantaran hingga saat ini pemerintah Arab Saudi tak kunjung membuka akses masuk jamaah dari seluruh dunia.

Berkenaan dengan keputusan yang diumumkan Menteri Agama, Fachrul Razi ini, nasib dana dana simpanan penyelenggaraan haji pun menjadi pertanyaan.

Dana Haji 2020 Dialihkan untuk Perkuat Rupiah, Rizal Ramli: Pemerintah Benar-benar Sudah Kehabisan Ide

Di daerah seperti Kota Bandung, Humas Kementerian Agama Kota Bandung, Agus Saparudin mengatakan uang calon jamaah haji tidak akan dikembalikan dan akan disimpan untuk biaya berangkat haji tahun depan.

Namun demikian, pernyataan berbeda diungkapkan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Disebutkan, dana simpanan yang mencapai 600 juta dolar AS akan dimanfaatkan membantu Bank Indonesia dalam penguatan kurs rupiah.

SANGAT MENARIK!  Nasib Suram Waskita: 10 Anak Cucu Perusahaan Rugi, 1 Digugat Pailit

Tak pelak, rencana ini kemudian mendapat respons publik. Seperti yang diutarakan ekonom senior, Rizal Ramli. Menurutnya, keputusan untuk mengalihkan dana simpanan tersebut menjadi wujud pemerintah kehabisan akal dalam mengatasi lemahnya kurs rupiah.

“Bener-bener sudah kehabisan ide, dana haji dipakai untuk penggunaan berisiko support rupiah. Payah deh,” demikian kata Rizal Ramli di akun Twitternya, Selasa (2/6/2020). (*)

loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.