Cara Ternak Kroto Cukup Mudah dan Bikin Kamu Cepat Kaya !

oleh -
Cara Ternak Kroto Cukup Mudah dan Bikin Kamu Cepat Kaya !

Stasiun Berita – Semakin tingginya penggemar burung kicau rupanya memicu peluang usaha baru bagi masyarakat. Dimana kebutuhan pakan burung otomatis semakin meningkat pula. Salah satu pakan burung tinggi protein dan banyak dicari adalah kroto. Tentu saja ini kesempatan besar, apalagi saat ini pemenuhan jenis pakan ini bisa dibilang masih minim. Maka ternak kroto bisa menjadi pilihan usaha potensial.

Ketersediaan kroto yang masih langkah membuat harga pasaran pakan burung kicau ini terbilang cukup mahal yakni kurang lebih Rp. 175.000 tiap kilo. Bisa dibayangkan, berapa jumlah keuntungan yang bisa diperoleh apabila anda mencoba usaha ternak kroto ini.

Apalagi dalam prosedur ternak kroto cukup mudah dan bisa dipelajari siapa saja tanpa ada keahlian tertentu. Nah, untuk anda yang merasa kebingungan dalam mencari ide usaha, rasanya peluang usaha ternak ini bisa anda coba.


Langkah mudah dalam ternak kroto

Kroto merupakan sejenis larva dari binatang semut rangrang merah, memiliki warna putih dengan bentuk tubuh yang lunak, namun memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Itulah sebabnya para pecinta burung kicau rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli kroto demi memenuhi kebutuhan protein burung kesayangannya.

SANGAT MENARIK!  Penjelasan Mengapa Suplemen Temuan 2 Peneliti Ini, wOW! Mampu Lawan Corona

Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk meraup pundi-pundi uang dengan ternak kroto di rumah. Cara ternak pakan burung inipun cukup sederhana, yang terdiri dari beberapa langkah mudah. Diantaranya adalah:

  1. Persiapkan bibit koloni

Untuk memperoleh bibit koloni kroto, ada dua cara yang bisa anda lakukan yaitu mencari sendiri di lingkungan, atau membeli bibit koloni kroto yang telah tersedia dan dijual oleh petani. Untuk anda yang memiliki budget minim atau bahkan tanpa modal, anda bisa mencari dan menangkap sendiri bibit koloni ini. Memang terdengar sukar, tetapi minim resiko kerugian.

loading...

Sedangkan, jika anda tidak ingin kesulitan mencari bibit koloni. Membeli bibit langsung bisa sangat mempermudah, hanya saja anda harus menyiapkan modal lebih, karena harga bibit koloni ini bisa dikatakan cukup tinggi yakni berkisar antara Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000. Umumnya bibit koloni yang dijual petani dikemas dalam botol ataupun toples tertutup.

  1. Persiapkan kandang untuk ternak
SANGAT MENARIK!  Kepada Deddy Corbuzier, Lola Zieta Akui Pernah Berhubungan croOT dengan Perempuan

Membuat kandang ternak kroto cukup mudah. Hanya berbekal paralon saja, anda sudah bisa beternak kroto. Namun yang perlu anda perhatikan saat membuat kandang ini adalah kondisi lingkungan.

Semut rangrang menyukai tempat yang gelap dan tenang, sehingga akan lebih baik dan optimal dalam menghasilkan telur, apabila menempatkan kandang ternak kroto di ruangan tertutup dan jauh dari keramaian.

  1. Menyebarkan bibit koloni pada kandang

Sebelum menyebarkan bibit koloni pada kandang, pastikan bahwa anda telah mengisi dedaunan pada setiap kandang (paralon yang sebelumnya telah disediakan). Hal ini dilakukan agar bibit koloni lebih cepat beradaptasi dan membuat sarang di dalamnya,

  1. Memberi makan secara teratur

Seperti halnya ternak binatang lainnya yang membutuhkan pakan khusus, demikian pula dengan ternak kroto. Jenis kebutuhan pakan untuk mengoptimalkan ternak binatang kecil ini adalah sumber protein dan karbohidrat.

Sumber karbohidrat untuk pakan ternak ini umumnya menggunakan pakan sederhana yang terbuat dari larutan air gula. Sedangkan sumber protein bisa diperoleh dari lingkungan sekitar seperti ulat, belalang, jangkrik, cicak, dan lainnya.

  1. Panen kroto
SANGAT MENARIK!  Cara Berbisnis Makanan Supaya Laris Manis. Patut Dicoba, Nih!

Tahapan ini adalah tahapan yang paling ditunggu-tunggu para petani kroto. Namun untuk peternak pemula, sebaiknya tidak melakukan pemanenan dalam jangka waktu 6 bulan pertama. Sebab, dalam jangka waktu ini adalah fase yang baik untuk memaksimalkan perkembangbiakan bibit koloni untuk memperbanyak diri.

Waktu pemanenan yang tepat adalah saat telah terlihat jelas kroto memenuhi sarangnya, yakni ditandai dengan warna sarang semut rangrang berwarna putih. Dimana warna putih ini muncul karena jumlah kroto yang sudah banyak hingga memenuhi sarang semut rangrang.

Saat kondisi ternak kroto yang sudah baik dan optimal biasanya bisa dilakukan pemanenan dalam jangka waktu 15 sampai 20 hari sekali panen.

Adapun cara panen kroto adalah dengan menyediakan wadah yang telah diberi saringan dari kawat ram diatasnya, kemudian tuang isi kadang kedalam wadah tersebut. Secara otomatis kroto akan berjatuhan kedalam wadah dan semut akan terpisah dengan sendirinya.

Nah, itu tadi cara yang cukup sederhana dalam proses ternak binatang yang cukup menguntungkan ini. Bagaimana? Apakah anda tertarik mencoba peruntungan ini. [berdesa]