Bikin Merinding, Ini 5 Cerita Misteri dari Jam Gadang Menyeramkan

oleh -

Tentu kalian belum mengetahui misteri Jam Gadang ini

Tiap kota, khususnya kota besar, di Indonesia mempunyai satu landmark sebagai keunikan kota itu. Sebutlah saja Malioboro di Yogyakarta sampai Monas di Jakarta. Nah, salah satunya landmark sebagai kebanggaan Indonesia ada juga yang datang dari daerah Bukittinggi, Sumatera Barat. Landmark itu ialah Jam Gadang. Kata “gadang” sendiri datang dari bahasa Minangkabau yang berarti “besar”. Oleh karenanya, tidaklah heran mengapa bentuk dari jam yang satu ini tinggi serta besar.

Jam Gadang mempunyai tinggi kira-kira 26 mtr. dengan luas 13 mtr. x 14 mtr.. Simbol dari Kota Bukittingi ini pertama-tama dibuat pada tahun 1926. Sekarang, Jam Gadang ikut digunakan jadi obyek wisata seperti Monas yang berada di Jakarta.

Usianya yang cukup tua membuat Jam Gadang mempunyai beberapa narasi, khususnya misteri yang menyelimuti. Nah, seperti apa misteri yang ada di simbol kebanggaan warga Bukittinggi ini? Langsung saja jika begitu kita Keepo bareng-bareng!

1.Lorong bawah tanah tersembunyi

SANGAT MENARIK!  Resep dan Cara Buat NasGor Buntut Bakar

Sedikit yang mengetahui jika sebetulnya Jam Gadang mempunyai lorong bawah tanah. Lorong itu dibuat oleh beberapa pekerja paksa alias romusha pada saat pendudukan Jepang hingga dikatakan sebagai Lobang Jepang. Bila dijelajahi lebih dalam, lorong bawah tanah ini ke arah Ngarai Sianok, lho.

loading...

Bikin yang belum mengetahui, Ngarai Sianok ialah ngarai yang cukup populer serta ada di tepian Kota Bukittinggi serta Benteng Fort De Kock. Kemungkinan besar di lorong ini mempunyai banyak jalan yang dahulunya jadikan jadi tempat persembunyian.

Hal mengerikan yang akan kamu lewati saat melalui jalan Lubang Jepang ini ialah jumlahnya tengkorak yang berantakan. Tengkorak-tengkorak itu disangka adalah korban dari beberapa pekerja saat diminta untuk membuat menara ini.

2.Pertama-tama dibuat dengan cuma memakai material kapur, putih telur, serta pasir putih

Misteri setelah itu mengenai Jam Gadang ialah narasi mengenai proses pembangunannya. Jam Gadang dibuat pertama-tama oleh dua orang arsitek namanya Sutan Gigih Ameh serta Yazin. Jam ini sendiri adalah hadiah yang diberi oleh Ratu Belanda pada sekretaris Kota Bukittinggi yang namanya Rock Maker.

SANGAT MENARIK!  Siapa yang Menyebarkan Virus Corona di Wuhan?, Siapa Pula Target Utama Program Besar ini?

Hal yang mengagetkan ialah material yang dipakai untuk membuat menara ini. Masalahnya Jam Gadang ini dibuat tanpa ada penyangga serta semen, tetapi cukup dengan memakai putih telur jadi perekat yang selanjutnya digabung dengan kapur serta pasir putih. Baru sesudah alami beberapa perbaikan, semen dipakai untuk memperkokoh bangunan ini.

3.Misteri angka 4

Jika kamu lihat, karena itu kamu dapat lihat keanehan pada beberapa angka yang berada di Jam Gadang. Masalahnya angka 4 pada pukul itu tidak dicatat dengan huruf romawi, tidak seperti angka lainnya. Isu yang tersebar menjelaskan jika angka itu adalah lambang dari empat orang sebagai tumbal atas pembangunan Jam Gadang.

Tetapi, berdasar opini dari seorang pintar besi, angka 4 dicatat dengan “IIII” untuk mengirit bahan jika dibanding dengan tulisan angka romawi (IV) biasanya.

4.Ornament yang telah 3x beralih

Kamu paham.kamu mengerti tidak jika sebetulnya ornament yang pertama-tama dibuat di Jam Gadang ini ialah ornemen patung ayam jantannya? Nah, nyatanya ornament pada menara ini telah 3x beralih, lho. Sesudah bentuk ayam jantan, ornament selanjutnya dirubah jadi bentuk pagoda seperti pada saat pendudukan Belanda.

SANGAT MENARIK!  Cerita Misteri Nyata: Kisah Hantu Kemamang Paling Seram

Sesudah waktu kemerdekaan, ornament itu dirubah jadi bentuk atap ciri khas Minangkabau. Belum mengetahui fakta mengapa ornament pada Jam Gadang itu dirubah.

5.Mesin jam yang cuma ada dua di dunia

Bila disaksikan dengan selintas, bentuk dari Jam Gadang ini seperti sekali dengan jam Big Ben yang berada di London, Inggris. Hal tersebut tidak lain dikarenakan oleh mesin dari jam yang seperti serta cuma ada dua di dunia, yaitu di Indonesia serta Inggris.

Kita seharusnya berbangga nih, soalnya negara lain tidak hanya Indonesia serta Inggris tidak ada yang memiliki jam raksasa semacam ini. Tetapi, mengapa Bukittingi di Indonesia yang dipilih ya?

Itu ia beberapa misteri yang menyelubungi Jam Gadang. Mudah-mudahan bisa meningkatkan wacana kamu, ya!

No More Posts Available.

No more pages to load.