Berani Mampir? Kisah Mistis Sekitar Goa Sunyaragi di Cirebon

oleh -

Tidak cuma populer dengan kuliner empal gentong, Cirebon mempunyai banyak tujuan wisata yang erat dengan kultur budaya. Diantaranya ialah Goa Sunyaragi.

Kelompok banyak goa yang disebut tempat pertapaan salah satunya Wali Sangan, yakni Sunan Gunung Jati, dibuat semenjak tahun 1529 oleh cicit sang sunan. Bangunan itu selanjutnya ditingkatkan kembali ke tahun 1703 serta tahun 1775.

Sunyaragi sendiri datang dari dua kata, yakni Sunya yang bermakna sunyi serta Ragi yang bermakna raga. Goa itu dibuat jadi tempat menumbuhkan raga atau disebutkan bertapa. Arah penting didirikannya goa itu sebagai tempat beristirahat serta meditasi beberapa Sultan Cirebon serta keluarganya.

Narasi Mistis Sekitar Goa Sunyaragi di Cirebon 

Tidak layaknya seperti gua, sisi luar gua ditempeli dengan karang yang datang dari laut Selatan atau laut Kidul. “Goa ini tidak tercipta dengan alami, tetapi dibikin, serta sisi luar goa dilapis dengan batu karang dari laut Selatan dengan pertolongan makhluk halus,” jelas pemandu Nurmas Argadikusuma pada Metrotvnews.com.

SANGAT MENARIK!  Cukup dengan Susu Beruang dan Kapsul Vitamin E, Hasilnya Bikin Wajah Glowing Tanpa Make Up

Nurman yang adalah keturunan Sunan Gunung Jati itu mengutarakan ada satu hal mistik berkaitan beberapa batu dalam goa, diantaranya Batu Perawan Sunti yang terdapat di muka Goa Peteng. Konon, jika mereka yang masih lajang menggenggam batu yang berlapis giok di bagian atas itu, karena itu mereka selalu jadi perawan atau perjaka.

“Jika digenggam, jadi tidak ada jodoh. Yang duda atau janda jika pegang, jadi tidak dapat menikah ,” imbuhnya.

loading...

Arti Goa serta Memiliki bentuk 

Disamping itu, ada pula Goa Pengawal yang disebut tempat beberapa pengawal sunan beristirahat. Susunan goa itu dibikin pendek dengan arah supaya mereka yang masuk kedalamnya menunduk. Makna dari gestur badan itu ialah mengisyaratkan hormat pada yang lebih tua atau tambah tinggi jabatannya.

SANGAT MENARIK!  Download Adem Lagu Religi Nasida Ria Full Album MP3 Lengkap TERBARU

Selanjutnya, ada pula Bangsal Jinem yang disebut tempat Sultan duduk memerhatikan beberapa prajurit berlatih perang.

Jinem sendiri adalah singkatan dari puji (berdoa) serta kunem (bicara). Berarti, sebelum mengawali latihan, Sultan akan memberikan pengarahan pada beberapa prajurit serta mengawali pekerjaan itu dengan berdoa terlebih dulu. Sisi dalam Bangsal Jinem dipakai beberapa Sultan untuk bertapa.

Di muka bangsal itu ada dua kolam besar yang cuma ditempati ikan waktu musim hujan. “Waktu ada hujan, kolam akan terisi air serta ada ikan di dalamnya. Tetapi bila tidak ada, kolam kering benar-benar, tidak ada ikan.”

Narasi Mistis Sekitar Goa Sunyaragi di Cirebon 

Ada pula Goa Langse yang disebut goa aliran untuk menyalurkan air ke persawahan masyarakat jaman dahulu. Tetapi, seiring waktu berjalan, goa itu tidak keluarkan air serta persawahan mulai tergantikan oleh rumah masyarakat.

SANGAT MENARIK!  Polisi Tetapkan Ustadz Gondrong 'Dukun Pengganda Uang' Jadi Tersangka

Tidak hanya goa, ada lain tempat seperti Mande Beling, Cungkup Puncit, Kamar Panembahan, serta Kamar Kaputren yang mempunyai nilai riwayat tertentu.

Buat Anda yang tertarik kenal budaya Cirebon lebih dalam melalui goa ini, silakan hadir ke Goa Sunyaragi yang membuka tiap hari dari jam 08.00-17.30 dengan mengelurkan retribusi sebesar Rp10 ribu.

Dianjurkan untuk menggunakan bawahan dibawah lutut, tetapi jika Anda sudah terburu hadir dengan bawahan pendek, ada kain untuk tutupi sisi bawah yang begitu terbuka.

No More Posts Available.

No more pages to load.