Asteroid Raksasa Secepat Peluru Siap Menyapa Bumi usai Shalat Dzuhur

oleh -
Asteroid Raksasa Secepat Peluru Siap Menyapa Bumi usai Salat Zuhur

Stasiun Berita – Siap-siap, sebuah asteroid raksasa secepat peluru akan menyapa Bumi pada Rabu hari ini pukul 07.44 BST (British Summer Time) atau 13.44 WIB. Asteroid 2010 NY65 yang memiliki diameter 140 hingga 310 meter itu melewati Bumi usai salat Zuhur siang ini.

Asteroid 2010 NY65 akan melaju pada kecepatan 12,89 kilometer per detik, atau 14 kali lebih cepat dari peluru. Hal ini diungkapkan Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA, seperti dikutip dari situs Mirror, Rabu, 24 Juni 2020.

Mereka memperkirakan tinggi asteroid ini tiga kali lipat dari ukuran Big Ben di London, Inggris. Saat itu, jarak terdekatnya 2,3 juta mil dari Bumi. Namun, NASA menggolongkannya sebagai objek dekat Bumi (NEO). Meski begitu, peluang Asteroid 2010 NY65 menabrak Bumi sangat rendah.

SANGAT MENARIK!  RESEP MASAK TUMIS KANGKUNG CAH DAGING SAPI NIKMAT

“Kita tidak perlu khawatir dengan dampak dari Asteroid 2010 NY65 terhadap Bumi. Karena, ada ancaman lain yang lebih berbahaya seperti kecelakaan mobil, penyakit mematikan seperti COVID-19, serta bencana alam. Ini yang harus lebih kita waspadai,” demikian keterangan resmi NASA.

Kendati demikian, NASA tidak tinggal diam atas ancaman Asteroid 2010 NY65 terhadap Bumi. Mereka mengaku telah menyiapkan senjata rahasia, yaitu ilmuwan yang terus-menerus bekerja untuk menemukan benda-benda langit dan melacak pergerakan mereka di masa depan.

“Kita harus menemukan mereka, kemudian mengawasinya. Jika mereka ditemukan di jalur yang berpotensi bertabrakan dengan Bumi maka kami memiliki beberapa taktik pencegahan,” ungkap NASA.

Salah satunya menggunakan senjata fusi nuklir yang diharapkan bisa membelokkan asteroid dan mengubah kecepatannya. Neutron akan menyinari permukaan asteroid, lalu materialnya akan mengembang dan meledak di luar angkasa.[viva]

loading...

No More Posts Available.

No more pages to load.