Apa itu Jerawat,Penyebab dan Cara Mengatasinya

oleh -

Stasiun Berita – Jerawat adalah kondisi kulit yang biasanya mempengaruhi para remaja pada saat masa puber tetapi,pada dasarnya jerawat dapat mempengaruhi semua individu pada usia berapa pun.
Biasanya jerawat berbentuk dan tumbuh bintik-bintik dan seperti bisul dibagian kulit wajah, dahi, leher, punggung dan dada. Bintik-bintik ini dapat tumbuh atau disebabkan dari komedo dan kemudian tumbuh menjadi jerawat.
Jerawat ini juga ada yang ringan dan tidak nyeri dan ada juga jerawat yang parah seperti jerawat batu,bisul atau pustula berat yang meradang dan bernanah sehingga mentebabkan rasa sakit yang hebat.
Mengapa jerawat bisa tumbuh dan darimana datangnya?
Ada 4 hal yang paling mendasar penyebab tumbuhnya jerawat :
✓Jerawat paling mungkin disebabkan karena perubahan tingkat hormon selama masa pubertas.Inilah alasan mengapa jerawat lebih banyak mempengaruhi remaja daripada dewasa atau kelompok usia lainnya.
√Mereka yang memiliki kulit berminyak lebih rentan terkena jerawat. Kelenjar pada kulit saat pubertas melepaskan zat berminyak yang dikenal sebagai sebum. Sebum ini tebal dan bisa menghalangi pori-pori kecil di kulit tempat tumbuhnya rambut. Ini disebut folikel rambut. Ini mengarah pada pembentukan komedo dan whiteheads. Folikel rambut ini ketika terhalang oleh komedo maka dapat terinfeksi bakteri dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.
√Jerawat ada juga yang bersifat turun-temurun dari keluarga dan terlihat berjalan dalam keluarga.
√Perubahan hormonal selama pubertas dan selama siklus menstruasi atau kehamilan dapat meningkatkan risiko terkena jerawat.jadi jangan takut kalau anda sedang mendapati kehamilan,maka wajar kalau anda didatangi jerawat bahkan mungkin banyak jerawat yang muncul.
Jerawat sangat umum sekali pada remaja dan orang dewasa yang masih muda dan hampir 80% orang mungkin mendapatkan jerawat di beberapa titik.Biasanya jerawat sering muncul pada gadis gadis antara usia 14 dan 17 dan di antara anak laki-laki itu paling sering terlihat antara usia 16 dan 19 tahun. Gejala ini bisa datang dan pergi tetapi biasanya akam membaik seiring bertambahnya usia. Hanya sekitar 5% wanita dan 1% pria memiliki jerawat di atas usia 25 tahun.
Diagnosis dan pengobatan
Untuk mencegah munculnya jerawat tidak lain hal yang paling dasar yaitu dengan cara Menjaga kulit anda selalu bersih dan bebas dari minyak adalah langkah paling penting dalam pencegahan dan mengobati jerawat.
Daerah yang sering terkena serta daerah yang rentan terhadap jerawat perlu dicuci dua kali sehari dengan sabun muka atau pembersih wajah.Hati hati Kulit tidak boleh digosok terlalu kasar.Ini dapat mengiritasi lapisan atas yang paling tipis dari kulit yang menyebabkan peradangan.
Untuk mencegah jerawat Ada beberapa krim, lotion dan salep dipasaran yang bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah dari jerawat.Tapi gunakanlah krim atau lotion dan pembersih muka yang cocok untuk kulit anda,jika dirasakan terjadi keganjilan saat memakai produk seperti ada rasa panas,atau gatal dan malah merusak kulit anda.maka segera hentikan pemakaian produk tersebut.
Untuk membantu anda dalam mencari produk yang cocok untuk kulit anda,ada baiknya langsung menghubunhi dokter spesialis kulit untuk perawatan wajah anda.supaya tidak ada penyesalan dikemudian hari.
Untuk Jerawat yang tumbuh dibagian dada dan punggung mungkin perlu diobati dengan antibiotik dan krim yang lebih kuat.
Terimakasih sudah membaca artikel kami, Komentar dan masukan anda sangat berharga bagi kami.
Silahkan tiggalkan berkomentar pada kotak komentar dibawah. (*)

SANGAT MENARIK!  woOW!! Keberanian Anies Baswedan Ungkap Data Penyebaran Corona Disejajarkan dengan Gubernur New York