3 Mitos Populer di Ranu Kumbolo yang Misterius

oleh -

Ranu Kumbolo sebuah danau yang berada di ruang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Danau ini jadi tempat penghentian buat beberapa pendaki Gunung Semeru. Keindahannya buat orang kerasan nikmati panorama di sini. Serta, cukup banyak yang menginap di tepi danau ini dengan membangun tenda.

Pada pagi hari, kamu dapat lihat panorama matahari keluar antara dua bukit yang melingkari Ranu Kumbolo. Sedang pada malam hari, ada panorama gugusan bintang yang sinarnya benar-benar cantik. Setiap waktu ada panorama yang memesona di Ranu Kumbolo.

Tetapi, dibalik itu semua ada banyak mitos yang membuat Ranu Kumbolo jadi danau yang misterius. Hmm… Apapun ya? Baca berikut ini!

SANGAT MENARIK!  Nasib Suram Waskita: 10 Anak Cucu Perusahaan Rugi, 1 Digugat Pailit

AIR DANAU YANG SUCI 

Warga ditempat yakin jika air danau Ranu Kumbolo ialah air yang suci. Sampai sekarang air danau masih dipakai untuk ritual suci keagamaan warga. Karenanya beberapa pendaki dilarang untuk mandi, membersihkan, sampai buang air di danau. Pekerjaan di seputar Ranu Kumbolo harus juga dikerjakan dengan jarak 10 mtr. dari pinggir danau.

Ingin yakin atau mungkin tidak, seharusnya larangan itu masih kamu patuhi, ya! Hitung-hitung bikin jaga air danau Ranu Kumbolo supaya masih bersih. Jika keadaan Ranu Kumbolo masih baik, keindahannya masih dapat kamu nikmati lebih lama, kan?

TANJAKAN CINTA 

Di samping barat Ranu Kumbolo, ada satu tanjakan di bukit yang ke arah pucuk gunung. Tanjakan ini simpan mitos yakni siapa juga yang terus berjalan naik sekalian pikirkan pasangannya tanpa ada lihat ke belakang, akan mempunyai akhir cinta yang bahagia.

loading...
SANGAT MENARIK!  Cara Mengusir Sakit Kepala Dalam 5 Menit Tanpa Pil atau Obat Kimia

Mitos ini bertumbuh dari cerita seorang pasangan yang pernah mendaki tanjakan ini. Waktu sang lelaki sedang asik berjalan sekalian berpose, pasangan perempuannya yang berjalan di belakangnya nyatanya kecapekan serta mendadak tidak sadarkan diri. Sialnya, wanita itu jatuh terguling sampai pada akhirnya meninggal.

Karenanya, banyak pendaki yang yakin pada mitos ini. Mendaki tanjakan ini dapat juga mengetes ketahanan badan. Kemiringannya yang sampai 45 derajat akan cukup kuras tenaga kamu.

DEWI PENUNGGU RANU KUMBOLO 

Sedikit misteri, ada mitos mengenai ikan mas yang berada di danau Ranu Kumbolo. Ikan mas itu dipercaya masyarakat ditempat jadi jelmaan dewi penunggu Ranu Kumbolo. Konon tuturnya saat dalam bentuk dewi, ada penampakan wanita yang kenakan kebaya berwarna kuning.

SANGAT MENARIK!  Penambahan Utang dari Masa ke Masa

Penampakan dewi penunggu ini diikuti adanya kepulan asap waktu bulan purnama. Terdapatnya mitos ini membuat masyarakat ditempat melarang beberapa pendaki untuk memancing di Ranu Kumbolo.

Ingin yakin mitos-mitos ini atau mungkin tidak, seharusnya kita masih jaga Ranu Kumbolo supaya masih indah ya.

No More Posts Available.

No more pages to load.