3 Misteri Sekitar Jembatan Barelang yang Jarang-jarang Didapati

oleh -

Batam – Bila Surabaya serta Madura mempunyai Jembatan Suramadu serta Palembang mempunyai Jembatan Ampera, Batam mempunyai Jembatan Barelang. Jembatan ini dinamakan Barelang yang datang dari singkatan BAtam, REmpang, serta gaLANG.

Ya, jembatan yang terbagi dalam enam buah jembatan ini menyambungkan Pulau Batam, Pulau Saksikan, Pulau Nipah, pulau Rempang, Pulau Galang, serta Pulau Galang Baru.

Lihat penampilan Jembatan Barelang yang demikian istimewa rasa-rasanya tidak mungkin bila jembatan ini angker atau diketahui jadi tempat favorite untuk bunuh diri. Tetapi, itu fakta yang sebetulnya dimana salah satunya misteri Jembatan Barelang ialah daya tariknya untuk bikin orang pilih jembatan ini jadi tempat untuk bunuh diri.

Selintas Mengenai Jembatan Barelang

Sebelum mengulas sekitar misteri Jembatan Barelang lebih dalam, tidak ada kelirunya kita tahu sedikit riwayat tentang jembatan ini.

Walau terbagi dalam enam jembatan, Jembatan Barelang (Jembatan I) yang menyambungkan ialah jembatan paling besar. Project pembangunan jembatan ditangani pada saat kepemimpinan Presiden Habibie. Oleh karenanya, kadang jembatan ini dikenal juga dengan nama Jembatan Habibie.

loading...

Biasanya, pembangunan project besar tentu menyertakan tenaga kerja asing, tetapi tidak dengan Jembatan Barelang. Jembatan ini dibuat dengan menyertakan beberapa ratus insinyur tanah air serta tidak menyertakan satupun tenaga kerja asing. Dana yang diperlukan untuk membuat jembatan ini ialah 400 milyar rupiah serta memerlukan waktu enam tahun (1992 – 1998) dalam membangunnya.

Diperkirkan jika Jembatan Barelang akan bertahan serta tidak ambruk sampai waktu 100 tahun ke depan. Pada tahun 2016 sempat ada 9 dari 112 kabel penahan komprador yang putus. Ini menggelisahkan warga karena mereka cemas jembatan akan rubuh. Namun, Tubuh Pengusahaan Batam jamin ketahanan bangunan jembatan.

SANGAT MENARIK!  Di Sidang MK, Pemerintah Jawab Dalil Dewas KPK Malah Melemahkan KPK

Di Juni 2016 sempat juga ada kapal asing Ausie I yang menabrak komprador IV yang menyambungkan Batam serta Pulau Rempang. Jembatan itu rusak kronis serta badan jembatan tergeser sampai 1,2 mtr. dari tempat sebelumnya.

1. Larangan Ambil Buah Mengkudu di Jembatan Barelang 

Anda tentu pernah dengar larangan dari nenek moyang kita untuk ambil segala hal barang saat sedang ada dalam tempat asing. Contohnya, kita jangan ambil bunga atau tumbuhan di gunung bila kita tidak mau celaka. Lepas dari faktor mistis, rutinitas ambil suatu hal dari tempat asing memang tidak baik karena dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan tempat itu.

Hal sama berlaku saat ada di Jembatan Barelang. Salah satunya misteri Jembatan Barelang yang telah menyebar dari mulut ke mulut ini melarang siapapun untuk ambil buah mengkudu di seputar jembatan. Masalahnya ada satu cerita dari satu orang yang menyengaja ambil buah mengkudu serta malah dia diikuti oleh makhluk astral.

Diceritakan satu keluarga pergi ke Kampung Vietnam yang ada di dekat Jembatan Barelang. Dulu, lokasi itu dipakai oleh veteran Perang Vietnam jadi tempat pelarian. Tetapi, sekarang kampung itu tidak berpenghuni serta banyak makam-makam yang masih ketinggalan disana.

Bapak dari keluarga itu menuai buah mengkudu sampai satu kantong plastik penuh. Walau sebenarnya, bapak itu sudah tahu larangan tidak untuk ambil buah mengkudu. Tidak berapakah kemudian, sang anak menangis serta membuat keluarga itu sangat terpaksa tinggalkan tempat untuk pulang.

Diperjalanan pulang, satu insiden aneh sangat terpaksa mereka alami. Mobil yang dikendarai itu hampir masuk ke jurang karena setirnya mendadak tidak dapat digerakkan. Sampai di dalam rumah juga insiden aneh terus mereka alami, sang ibu akui lihat bayangan di rumah. Sikap sang bapak jadi aneh sebab beliau keluar-masuk kamarnya terus-terusan.

SANGAT MENARIK!  ini Lur? Resep Alami Untuk Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dan Sesak Nafas Hilang Seketika

Waktu hampir maghrib, bapak itu masuk ke kamar mandi di tempat tinggalnya. Demikian keluar dari kamar mandi, semua anggota keluarganya lihat figur hantu nenek tua yang ikuti si bapak. Nenek itu terus tuntut supaya apa yang diambil di seputar Jembatan Barelang harus dikembalikan ke tempatnya.

Selanjutnya, sesudah buah mengkudu barusan dikembalikan di seputar pemakaman, masalah dari mahluk astral itu tidak dirasa oleh keluarga itu. Lacak memiliki lacak, pemakaman di seputar Jembatan Barelang memang populer angker. Banyak cerita-cerita misteri yang berlangsung di pemakaman itu.

2. Pohon Kelapa Bercabang Tujuh 

Tidak jauh dari Jembatan Barelang ada satu Kampung namanya Belongkeng, Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang, Batam. Letak kampung ini ada antara batas Jembatan IV serta Jembatan V Barelang. Yang membuat kampung ini jadi populer dengan mendadak ialah kehadiran pohon kelapa bercabang tujuh yang konon dijaga oleh siluman ular.

Menurut masyarakat ditempat, beberapa orang pandai yang dapat lihat alam gaib menjelaskan jika pohon ini dijaga oleh siluman yang badannya 1/2 manusia serta 1/2 ular. Konon, ada tujuh makhluk semacam itu yang jaga pohon kelapa ini, sama dengan jumlahnya cabangnya.

Pohon kelapa bercabang tujuh ialah sisi dari misteri Jembatan Barelang yang cukup populer di golongan warga. Namun, belumlah ada bukti nyata yang memperlihatkan jika pohon kelapa bercabang tujuh ini tercipta sebab faktor gaib atau memang kejadian alam yang kebetulan saja.

3. Tempat Favorite Bunuh Diri 

Dibalik keelokan Jembatan Barelang nyatanya simpan misteri yang memunculkan kesan-kesan angker pada jembatan ini. Jembatan Barelang dikukuhkan jadi tempat favorite untuk bunuh diri. Masalahnya telah ada beberapa ratus masalah bunuh diri dengan melonjak dari jembatan ini. Hampir kebanyakan orang yang melonjak dari jembatan ini dinyatakan wafat, cuma sedikit saja yang sukses diselamatkan.

SANGAT MENARIK!  *ABANGKU ..... KIVLAN ZEIN .....!!!* *ASTAQ FIRULLAH......!!!* Aku Tak Pernah Mengira....Sebegitu Penderitaanmu Bang....!!

Berdasarkan catatan Ditpam Tangkai di Jembatan Barelang, minimal 15-20 orang per-tahun pilih untuk akhiri hidupnya dengan melonjak dari jembatan ini. Tidak kebanyakan orang yang melonjak dari Jembatan Barelang betul-betul murni ingin bunuh diri, ada pula yang iseng-iseng uji nyali tetapi berbuntut maut atau mabuk berat.

Jadi tempat yang seringkali diambil jadi tempat bunuh diri, tentunya Jembatan Barelang mendapatkan predikat jadi tempat angker. Walau tidak pernah ada laporan mengenai masalah makhluk astral di Jembatan Barelang.

Tetapi, warga ditempat yakin jika orang yang bunuh diri di sini tentu mempunyai pemikiran yang kosong hingga dapat “dibujuk” oleh mahluk gaib di seputar jembatan untuk melonjak.

Tidak hanya jadi tempat untuk bunuh diri, ada bermacam momen konyol yang berbuntut maut di Jembatan Barelang. Contohnya, tindakan nekat dua pelajar SMK yang punya niat uji nyali dengan terjun dari jembatan ini.

Satu pemuda dipastikan hilang sebab terikut arus laut serta satu pemuda dalam keadaan gawat serta dirawat di rumah sakit. Tidak cuma hanya itu, seorang pria namanya Fauzan Effendy Hutabarat, terjatuh dari Jembatan Barelang sebab ingin selfie di pinggir jembatan tetapi terjatuh karena anginnya benar-benar kencang.

Itu beberapa misteri Jembatan Barelang. Dibalik cerita-cerita misteri di atas, tidak ada kelirunya bila Anda melewati jembatan ini waktu bertandang ke Batam. Seandainya Anda telah berdoa serta jaga pemikiran tidak kosong, karena itu semua akan baik-baik saja.